19 February 2013

Bagi Anda yang kesulitan dengan cara setting modem HP cina, saya coba berbagi trik yang sudah saya praktekan sendiri.

Banyak sekali postingan yang membahas tentang cara setting modem hp cina, tapi setelah saya praktekkan ternyata tidak dapat bekerja alias gagal.

Memang tidak semua hp cina bisa dijadikan modem, meskipun dalam buku panduan/dus nya tertulis modem. Hal itu saya ketahui berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saya punya 3 hp cina yang semuanya merk Cross. Tapi hanya satu yang bisa saya jadikan modem yaitu yang type CB91. Untuk Cb 80 juga bisa (saya coba Hp milik teman saya).

Oke..langsung aja ke pokok pembahasan. Tidak beda jauh dari postingan di blog-blog lain, hanya saja ada trik yang tidak ada di blog lain. Begini caranya :

1.  Ekstrak File USB modem driver untuk hp cina. kalau belum punya bisa download disini (driver ini untuk semua type hp cina yang bisa digunakan untuk modem). Setelah di ekstrak, simpan di drive manapun yang Anda mau.

2. Colokan kabel USB data HP Anda ke port USB pada Komputer, dan colokan HP pada kabel data tersebut. Maka dilayar hp akan muncul pilihan menu, pilih Port Com. Kadang ada yang tidak menampilkan menu pilihan, itu karena kabel USB yang digunakan hanya kabel untuk charger. Kabel USB data diameternya lebih besar dari Kabel USB charger.

3. Kemudian secara otomatis komputer akan mendeteksi adanya perangkat baru yang dipasang dan menampilkan menu wizard. Ikuti lah wizard tersebut. Jika ada pemberitahuan bahwa driver tidak ditemukan, pilih untuk menginstal secara manual (Have Disk). Kemudian, browse atau cari lah folder USB modem driver yang telah di ekstrak tadi, lalu klik Next dan Continue Anyway.

4. Sampai pada tahap ini, HP Anda sudah di kenali oleh komputer sebagai modem. Untuk memastikan bahwa HP sudah dikenali sebagai modem, buka Control Panel -> Phone And Modem Option -> Modems. Disitu akan terlihat nama modem: MTK GPRS USB Modem.

5. Double klik pada MTK GPRS USB Modem, Pilih Tab Diagnostic kemudian klik Query Modem. Jika sukses, berarti modem sudah berfungsi dengan baik. Kemudian klik OK.
 Jangan pernah mengisi Initialization Command, karena itulah yang menyebabkan Diagnostic gagal, dan HP tidak akan bekerja sebagai Modem. Ini adalah trik yang saya temukan secara tidak sengaja, karena kesal berkali-kali gagal maka saya coba tidak mengisi initialization command, dan ternyata berhasil.

6.  Langkah selanjutnya, buka Control Panel -> Network Connection -> Create a new connection. Klik Next, Pilih Connect to the internet kemudian klik Next. Pilih Setup my connection manually dan klik Next. Pilih Connect using dial-up modem lalu klik Next. Pada ISP Name, ketikkan nama operator misal Axis lalu klik Next. Pada Phone Number, isi dengan *99# lalu klik Next. Isi Username, misal kalau Axis di isi dengan axis, lalu password di isi dengan password sesuai operator nya, misal kalau menggunakan Axis, di isi dengan 123456. Klik Next lalu Finish. Berikut adalah tabel untuk masing-masing operator di Indonesia : Sesuai urutan (APN, User name, dan Password)
  • Telkomsel : telkomsel – wap – wap123
  • XL non unlimited : www.xlgprs.net – xlgprs – proxl
  • XL Unlimited : xlunlimited – kosongkan – kosongkan
  • Indosat : www.indosatgprs.com – indosat – indosat
  • Three non Unlimited: 3gprs – 3gprs – 3gprs
  • Three : 3data – 3data – 3data
  • Axis :  AXIS – axis – 123456 
       (dari pengalaman saya, Axis dan Three berhasil 100%. Untuk operator lain, silahkan Anda coba sendiri)

 7. Langkah selanjutnya adalah mencoba menghubungkan ke internet. Caranya adalah: Klik Start -> Connect To lalu pilih nama koneksi yang telah di buat tadi misal Axis, lalu klik Dial. Jika berhasil, berarti Anda  sudah bisa browsing di internet. Jika gagal, coba ulangi langkah-langkah di atas. Tapi menurut pengalaman saya, jika langkah-langkah di atas sudah dijalankan dengan benar dijamin berhasil 100%.

Operator seluler juga menentukan tingkat keberhasilan koneksi internet.
  • Jika tidak berhasil dengan langkah di atas, harap berikan komentar di sini agar dapat kita diskusikan bersama. :)
  • Langkah langkah di atas adalah pada Windows XP Untuk Windows Vista dan Windows 7 memang agak berbeda, tapi tetap bisa. :)
Demikian cara setting modem untuk HP cina semua merk. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar
Posted by Unknown On 12:14:00 AM 10 comments

10 comments:

  1. waduh kok yang saya kagak bisa nya yang saya pentium 3 hp cross pd8 , terus di menu usb nya ada modem doank ,, plis coment ,, ini no handphone saya plis coment 085295367419

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Rahmat, Pentium 3 tetap bisa untuk internetan dengan modem hp cina..hanya saja tidak semua hp cina bisa digunakan sebagai modem dengan menggunakan driver yang saya posting ini. Karena tipe MTK nya beda-beda. dan dari hasil browsing saya, yang saya dapatkan hanya driver MTK ini saja yang bisa berfungsi.

      Delete
  2. sukses gan makasi infonya....:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama-sama,Gan..Makasih juga atas kunjungannya..

      Delete
  3. Replies
    1. sory baru balas.. Telkomsel dan semua GSM di Indonesia sama, *99#.

      Delete
  4. langsung di coba gan mantab tutorialnya

    ReplyDelete
  5. gan apa pasword nya ? wakatu download di 4shared

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas.. coba di download lagi,Gan.. password nya sudah saya non aktifkan..

      Delete

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

RESULT 4D

    4shared.com - Free file sharing and storage
    Flag Counter